Skip to main content

Persiapan memulai usaha laundry


Kali ini kita akan membahas beberapa persiapan yang sebaiknya kita lakukan sebelum memulai usaha laundry. Memulai usaha dijaman sekarang bukan lagi merupakan kemustahilan , kita bisa memulainya dari hal hal terkecil di sekitar kita. Asal dikerjakan secara telaten dan sabar pasti akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Berikut  persiapan dalam usaha laundry:
  • Buka dulu


Kata Bob sadino “ usaha yang gagal adalah usaha yang tidak berhasil dibuka” , Setiap usaha ada resikonnya , saran saya jangan terlalu memikirkan resiko karena semakin besar hasilnnya juga semakin besar resikonnya. Yang terpenting adalah kita sudah berhasil membuka usaha laundry kita. Setelah itu baru disempurnakan perlahan perlahan.

  •             Pilih Lokasi yang strategis

Lokasi adalah aspek utama yang harus diperhatikan apabila usaha kita adalah usaha yang memiliki visi atau tujuan yang jelas. Keuntungan usaha laundry adalah kita tidak terlalu memerlukan tempat yang besar dipinggir jalan. Karena tempat mencuci atau workshop bisa dicarikan ditempat lain yang lebih murah harga nya serta lebih luas tempatnnya. Sementara itu kita bisa menyewa tempat yang kecil hanya untuk office dan keperluan sirkulasi pakaian usaha laundry serta tempat penyimpanan pakaian yang sudah jadi.
  •             Pilih mesin cuci dan pengering dengan kapasitas yang besar

Mesin cuci adalah hal terpenting dalam proses laundry kita agar memudahkan atau mempercepat  pekerjaan laundry kita , walaupun untuk beberapa pakaian ada yang tidak dianjurkan menggunakan mesin cuci. Pilihlah mesin cuci yang langsung terdapat mesin pengeringnya . Usahakan pilih yang kapasitas besar, karena semakin besar maka semakin efisien  juga pekerjaan kita. Untuk minimal pembelian awal,kita bisa sesuaikan dengan kemungkinan pasar kita. Semakin baik potensi pasar ada baiknnya anda memiliki jumlah mesin yang banyak dan memadai. Tapi untuk awal sebaiknya atau setidaknya ada 2 mesin cuci plus pengering agar jika terjadi kerusakan dengan salah satu mesin kita , usaha kita tidak terhenti.
  •          Alat Setrika

Setelah menentukan mesin cuci dan tempat usaha lalu kita perlu menyiapkan alat setrika yang sesuai dengan pasar kita. Ada 2 jenis alat setrika di Indonesia , pertama setrika listrik dan yang kedua setrika uap. Setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing . Untuk setrika uap jelas modal awal lebih besar sedangkan setrika listrik cukup beberapa ratus ribu kita sudah memiliki setrikannya. Pun kita perlu mempersiapkan alas untuk setrika, bisa membeli di tko ataupun membuat sendiri dari papan kayu serta beberapa lapisan kain.
  •          Self Employee

Untuk awal usaha , sebaiknya kita memulainya sendiri,mengerjakan setiap hal sendiri. Beberapa keuntungannya jelas kita lebih menghemat biaya,namun tujuannya adalah agar kita lebih mengenal usaha kita sampai kebagian detailnya. Sehingga kelak ketika kita memutuskan untuk menambah karyawan , kita sudah mengetahui dengan pasti resiko serta kriteria karyawan kita. Setidaknya anda bisa menangani semua sendiri untuk 1 minggu sampai 1 bulan awal usaha anda.
  •         Peralatan pendukung

 Beberapa peralatan pendukungg sering kita abaikan ,padahal fungsinnya krusial atau dalam artian “lebih baik ada”. Peralatan pendukung yang kita butuhkan antara lain adalah Keranjang pakaian, tempat jemuran,alat labelling, isolasi , staples, nota , rak tempat pakaian jadi, timbangan,dsb. Serta satu lagi untuk menambah nilai usaha kita yaitu ketersediaan fasilitas antar jemput , maka kita harus menyediakan kendaran untuk hal ini. Kita bisa menambahkan biaya antar jemput apabila menambahkan fasilitas ini.

Tips tips diatas adalah beberapa persyaratan yang paling tidak harus tersedia sebelum memulai usaha laundry. Memang tidak perlu semua kita miliki diawal , kita bisa menambahnya setelah usaha kita sudah dibuka. Pada akhirnya kita kembali ke nasehat awal “ Yang penting dibuka dulu, Bismillah aja deh” .

Comments

Popular posts from this blog

Berbuat Baik, Sebaik Mungkin

Opini kali ini, judulnya tentang berbuat baik; sebaik mungkin. Tadi malem, saya ngaji di salah satu majlis. Kata ustadznya, ada maqalah yang bilang kek gini. " Kalau kamu muliakan orang alim, sejatinya kamu sedang memuliakan dirimu sendiri".  Kemarin, saya juga ngelakuin suatu hal yang udah maksimal tapi cuma dapet apresiasi minimal dari atasan. Seringkali dalam kehidupan hal tersebut terjadi. Kita ngebelain ngelembur, kerjain mati-matian, serius melakukan yang terbaik, tapi dapet apresiasi yang minim dari orang lain. Manusiawi sih. Sangatlah wajar kalau kita udah ngelakuin suatu pekerjaan dengan maksimal dan kita juga ngarep apresiasi yang setimpal dari orang lain. Ngarep itu kan udah jadi rutinitas keseharian buat kita, kenapa? Karna kita niatnya dari awal keliru.  Saya kadang ngrengeng-ngrengeng atau membayangkan beberapa hal yang saya lakukan dulu. Dulu waktu kerja di pabrik, saya sebagai anak yang baru lulus, shock betul waktu itu. Dapet kerjaan yang modalnya

Ustadz Hanan Attaki "Walisongo Zaman Now"

Oleh : Arsa Pagi ini saya sedikit terinspirasi dan termotivasi oleh beberapa video yang digarap oleh Ustadz Hanan Attaki dengan gerakan "shift" bentukannya. Secara pribadi jujur saya menyukai apa yang dilakukan oleh Ustad dan kolegannya. Bak seorang juru taktik sepakbola, beliau sangat visioner dan paham cara merebut atau mengajak hati kawula muda untuk berhijrah. Kemasan dakwah dengan tema-tema sosial kekinian serta memanfaatkan banyak teknologi zaman sekarang membuat kajian yang dipimpinya beda dengan yang lainnya. *Ustadz Hanan Attaki Ustad Hanan Attaki ini seperti penjelmaan dari walisongo jaman dulu . Dahulu Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang memanfaatkan media gamelan dan wayang untuk berdakwah, mengajak serta membumi islamkan nusantara. Dakwah yang terbukti moncer ini berhasil membuat nama mereka dikenang hingga sekarang dan bahkan makam-makamnya masih saja memberikan keberkahan kepada warga sekitar karena sering dikunjungi oleh penziarah dari luar daerah. 

Sebuah Pengalaman

Taukah kalian bahwa untuk menciptakan sebuah lukisan yang sempurna, enak dilihat dan sesuai harapan kalian. Maka yang harus kalian miliki adalah puluhan ataupun ratusan alat dan bahan. Kalian membutuhkan banyak sekali jenis warna yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan, kuas dengan berbagai ukuran untuk membuat detil-detil yang meyakinkan, canvas yang masih putih untuk menuangkan berjuta ide kalian dan sedikit passion untuk melukis. Begitupun hidup. Tabula rasa. Sebuah teori mengenai bagaimana manusia berkembang sebagai seorang individu. Seorang psikolog bernama john locke mengatakan bahwa manusia lahir ke bumi tanpa membawa pengalaman mental apapun. Mereka selayaknya kertas kosong. Sejalan dengan pendapat dikalangan umat muslim bahwa bayi lahir dengan fitrahnya yang suci. Pengalaman lingkungan serta didikan orang tua lah yang membentuknya menjadi seorang individu. Dan itulah jawaban mengapa manusia begitu beragam. Kembali ke lukisan. Analogi lukisan tersebut serupa dengan kehidupa