Skip to main content

Ngaji psikologi 1 | Kenalan sama freud

Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Kali ini ada yang beda dari blog ini. Ya seperti judul diatas, insya'Allah akan ada seri ngaji psikologi. Ngaji sendiri berasal dari istilah "ngatur jiwo" dan psikologi asalnya dari bahasa latin yang artinya "ilmu jiwa". Jadi ada korelasi diantara "ngaji" dan "psikologi" . Karena ilmunya ngaji adalah psikologi ( opo sih saa???).
Ok bahasan diatas gak penting. ABAIKAN saja...
Ini adalah om freud 
Hasil gambar untuk freud
*from google.com

Hasil gambar untuk freud
*from google.com



Cakep kan?dan dia adalah perokok aktif, bahkan konon sebab dia meninggal juga karena rokok.

Untuk kehidupan pribadinya atau biografinya tidak akan dijelaskan disini ya.
Freud adalah bapak psikoanalisa. Psikoanalisa ini erat hubungannya dengan psikologi yang berhubungan dengan kepribadian. Jadi teori teori freud ini akan banyak ngebahas tentang kepribadian. Untuk itu temen temen bisa mengenal diri sendiri melalui teori freud ini. Kan dalam Islam ada kan hadist yang artinya kurang lebih " barangsiapa mengenal dirinya, niscaya dia mengenal Tuhannya". Untuk itu salah satu tujuan ngaji psikologi adalah membawa temen temen ke pemahaman baru mengenai diri temen temen sendiri. 

Jadi, freud adalah seorang founder dari aliran atau ajaran psikoanalisis. Freud membagi struktur kepribadian manusia menjadi 3 sistem yaitu : Id, Ego dan Super Ego.

Id adalah sebuah sistem yang original dalam kehidupan, atau dalam islam disebut Fitrah manusia. Isinnya segala sesuatu yang berhubungan dengan aspek biologis seperti keinginan untuk makan, berhubungan badan, mengusasai dunia, menguasai manusia dsb. Id sering dikaitkan dengan prinsip mengejar kenikmatan, atau bisa disebut prinsip ke'enakan. Intinya Id ini sifat sifat manusia yang inginnya memenuhi kenikmatan biologisnya sendiri. Termasuk berkedip, batuk, menguap dsb adalah salah satu cara Id menyalurkan hasratnya. Namun id ini hanya muncul dalam ranah "pikiran",masih proses memikirkan, seperti ketika temen temen laper, maka temen temen harus makan kan? Tidak cukup hanya dengan memikirkan makanan kan? Nah sistem yang mengatur proses terjadinya makan adalah ego.

Ego merupakan aspek psikologis, realitas. Seperti dibahas sebelumnya ego adalah sistem yang mengatur, menimbang, mengeksekusi atau melakukan tindakan setelah muncul proses sebelumnya yang dipimpin oleh id. Jadi tugas atau peranan ego disini adalah sebagai pintu terakhir sebelum keluarnya tindakan kita. Misal menentukan akan makan menggunakan tangan atau sendok, menentukan apakah keinginan Id tadi bisa dipenuhi atau tidak.. Nah setelah ini ada super ego.

Super ego adalah aspek sosial, dia merupakan wakil wakil dari proses kesempurnaan hidup, wakil dari nilai nilai sosial, adat istiadat, tradisionalitas tang tumbuh disekililing kita. Fungsinya yang pokok adalah menentukan "sesuatu" itu baik atau tidak jika dilakukan. Jadi bukan hanya "bisa" dilakukan namun juga "baik" untuk dilakukan. Dalam prosesnya super ego selalu menjadi penghalang keinginan keinginan Id yang bertentangan dengan nilai nilai masyarakat. Yang dituju oleh super ego adalah kesempurnaan dalam kehidupan. 

Bahasan selanjutnya adalah mengenai instink, karna yang dijelaskan oleh freud sangatlah banyak maka saya akan membagi pembahasannya sehingga temen temen bisa fokus mempraktekannya atau mengenalnya terlebih dahulu. 

Ada satu quote dari freud yang akan jadi penutup artikel kali ini yaitu 

"kalau kamu tidak bisa melakukannya, menyerahlah"

 Wassalamualaaikum

Comments

Popular posts from this blog

Berbuat Baik, Sebaik Mungkin

Opini kali ini, judulnya tentang berbuat baik; sebaik mungkin. Tadi malem, saya ngaji di salah satu majlis. Kata ustadznya, ada maqalah yang bilang kek gini. " Kalau kamu muliakan orang alim, sejatinya kamu sedang memuliakan dirimu sendiri".  Kemarin, saya juga ngelakuin suatu hal yang udah maksimal tapi cuma dapet apresiasi minimal dari atasan. Seringkali dalam kehidupan hal tersebut terjadi. Kita ngebelain ngelembur, kerjain mati-matian, serius melakukan yang terbaik, tapi dapet apresiasi yang minim dari orang lain. Manusiawi sih. Sangatlah wajar kalau kita udah ngelakuin suatu pekerjaan dengan maksimal dan kita juga ngarep apresiasi yang setimpal dari orang lain. Ngarep itu kan udah jadi rutinitas keseharian buat kita, kenapa? Karna kita niatnya dari awal keliru.  Saya kadang ngrengeng-ngrengeng atau membayangkan beberapa hal yang saya lakukan dulu. Dulu waktu kerja di pabrik, saya sebagai anak yang baru lulus, shock betul waktu itu. Dapet kerjaan yang modalnya

Ustadz Hanan Attaki "Walisongo Zaman Now"

Oleh : Arsa Pagi ini saya sedikit terinspirasi dan termotivasi oleh beberapa video yang digarap oleh Ustadz Hanan Attaki dengan gerakan "shift" bentukannya. Secara pribadi jujur saya menyukai apa yang dilakukan oleh Ustad dan kolegannya. Bak seorang juru taktik sepakbola, beliau sangat visioner dan paham cara merebut atau mengajak hati kawula muda untuk berhijrah. Kemasan dakwah dengan tema-tema sosial kekinian serta memanfaatkan banyak teknologi zaman sekarang membuat kajian yang dipimpinya beda dengan yang lainnya. *Ustadz Hanan Attaki Ustad Hanan Attaki ini seperti penjelmaan dari walisongo jaman dulu . Dahulu Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang memanfaatkan media gamelan dan wayang untuk berdakwah, mengajak serta membumi islamkan nusantara. Dakwah yang terbukti moncer ini berhasil membuat nama mereka dikenang hingga sekarang dan bahkan makam-makamnya masih saja memberikan keberkahan kepada warga sekitar karena sering dikunjungi oleh penziarah dari luar daerah. 

Sebuah Pengalaman

Taukah kalian bahwa untuk menciptakan sebuah lukisan yang sempurna, enak dilihat dan sesuai harapan kalian. Maka yang harus kalian miliki adalah puluhan ataupun ratusan alat dan bahan. Kalian membutuhkan banyak sekali jenis warna yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan, kuas dengan berbagai ukuran untuk membuat detil-detil yang meyakinkan, canvas yang masih putih untuk menuangkan berjuta ide kalian dan sedikit passion untuk melukis. Begitupun hidup. Tabula rasa. Sebuah teori mengenai bagaimana manusia berkembang sebagai seorang individu. Seorang psikolog bernama john locke mengatakan bahwa manusia lahir ke bumi tanpa membawa pengalaman mental apapun. Mereka selayaknya kertas kosong. Sejalan dengan pendapat dikalangan umat muslim bahwa bayi lahir dengan fitrahnya yang suci. Pengalaman lingkungan serta didikan orang tua lah yang membentuknya menjadi seorang individu. Dan itulah jawaban mengapa manusia begitu beragam. Kembali ke lukisan. Analogi lukisan tersebut serupa dengan kehidupa