Ibnu Rusyd atau yang bernama lengkap Abu Walid Muhammad Ibnu Muhammad Ibnu Rusyd atau di Eropa lebih
dikenal dengan nama Avveroes adalah seorang Filsuf Muslim yang dilahirkan di
Cordova sebuah daerah di Kota Andalus (Spanyol) pada 1126 M/ 510 H. Beliau berasal
dari keturunan yang alim dan terhormat. Kakek dan Ayahnya merupakan seorang
mantan hakim di cordova bahkan Ibnu Rusyd sendiri diangkat sebagai hakim pada
tahun 1169 M atau di usiannya yang ke 43 tahun. Karena prestasinya beliau
dipromosikan untuk menjadi Qadhi Al Qudhat atau yang lebih kita kenal sebagai Ketua
mahkamah Agung di Cordova pada tahun 1173 M.
Ibnu Rusyd merupakan seorang Filsuf yang juga ahli dalam bidang
medis . Beliau tercatat sebagai perintis Ilmu jaringan tubuh, menurut sarton
dalam bukunnya “Introduction of the History of Science, vol. II (Baltimore,
1931) beliau juga orang yang pertama kali mengemukakan bahwa setelah seorang
terkena penyakit cacar maka kekebalan tubuh orang tersebut meningkat. Sebagai
seorang yang ahli dalam ilmu pengobatan beliau menulis sebuah buku dengan judul
Al-Kulliyat Fi-Al Tibb yang berisi tentang anatomi, fisiologi, patologi umum,
diagnosis, materia medica, kesehatan dan terapi umum.
Namun Ibnu Rusyd atau Averroes lebih dikenal sebagi seorang filsuf
daripada seorang ahli medis ataupun yang lainnya. Hal ini dikarenakan luasnya
pemahaman beliau dalam mengomentari pemikiran Aristoteles .Dibanding dengan Al
Kindi atau filsuf muslim lainnya Averroes dianggap sebagai seseorang yang mampu
menjelaskan pemikiran filsafat Aristoteles dengan lebih sempurna.Bagi Ibnu
Rusyd , Aristoteles adalah seorang pemikir besar, Filosof tebesar yang pernah
dilahirkan di Bumi yang sama sekali tidak memiliki kesalahan dalam hal
pemikiran pemikirannya. Ibnu Rusyd bahkan memuji Aristoteles dengan ungkapan “Tanpanya, orang
tidak bisa bahagia dan sungguh kasihan bahwa Plato dan Socrates telah
menyia-nyiakannya”. (Saeed Shaikh, Studies in Muslim Philosophy (Delhi: Adam
Publishers & Distributors, 1994: 171-172).
Dikarenakan kekagumannya pada Filsafat Aristoteles tersebut Ibnu
Rusyd diserang oleh kaum Kristen Ortodoks karena mensejajarkan Filsafat
Aristoteles dengan Islam. Para teolog
berpendapat dalam rangka rekonsiliasi ajaran Islam dan Filsafat Aristoteles.
Ibnu Rusyd dianggap telah menodai ajaran Islam. Mereka sangat murka dengan Ibnu Rusyd dan menuduh bahwa Ibnu Rusyd telah murtad.
Bahkan Amir Abu Ya‘la Yusuf Ya’qub al-Mansur pada tahun
1194-1195 di Sevilla menyuruh untuk membakar semua karya Averroes kecuali
beberapa karya mengenai kesehatan , astronomi dan aritmatika. Tuduhan yang
lebih parah datang dari kaum kristen Eropa yang mengatakan bahwasannya Ibnu
Rusyd pernah mengatakan kalau Dunia ini dihancurkan oleh 3 dajjal yaitu Kristen
, Yahudi dan Islam. Ketiga dajal tersebut adalah Musa yang membawa agama
kanak-kanak, Isa yang membawa agama tidak rasional, dan Muhammad yang membawa
agama babi. Ajarannya tidak boleh dipelajari dan buku-bukunya harus
dimusnahkan. Para pengikutnya dikejar-kejar, bahkan ada yang dibakar.
Kejadian ini sebenarnya murni berasal dari faktor politik. Saat itu politik
Islam mengalami penurunan . Oleh karena itu khalifah saat itu Al- Mansur
membutuhkan bantuan dari para teolog dan ahli fikih ortodoks. Perlu diketahui
pada saat kejadian pembakaran karya sang Filsuf di Sevilla, Ibnu Rusyd juga
dibuang ke Lucena. Meskipun beberapa tahun setelahnya Ibnu Rusyd diundang ke
Istana oleh Khalifah Mansur dengan jamuan terhormat pada tahun 1197. Setahun
kemudian sang filsuf Ibnu rusyd meniggal Dunia di Marakish ibu kota Maroko. Tak
berselang lama sang khalifah pun juga meninggal ditahun 1199.
Beberapa karya Ibnu Rusyd yang populer adalah Tahafut At Tahafut (
Kekacauan dalam Kekacauan ) . Karya ini adalah bantahan terhadap tuduhan Al
Ghazali kepada para ahli filsafat dalam Kitabnya yang berjudul Tahafut at
Falasifah . Ada beberapa point keberatan yang diungkapkan
oleh Al Ghazali terhadap pemikiran Filsafat Barat . Namun ada 3 point penting
yang dianggap dapat menyebabkan kekafiran yaitu tentang Qadim nya alam,
Pengetahuan Tuhan dan Kebangkitan Jasmani. Sebenarnya kitab karya Ibnu Rusyd
bukan dimaksudkan untuk melawan Al Ghazali namun ditujukan untuk memberikan
pemahaman yang lebih jelas , karena sampai kapan pun kedua filsuf ini memiliki
pandangan yang berbeda dalam hal tersebut.
Filsafat Ibnu Rusyd yang membuatnya dicap sebagai murtad adalah ketiga hal
diatas tadi. Terhadap doktrin keabadian
Dunia atau Qadimnya Alam,sebenarnya Ibnu Rusyd dalam hal ini tidak menolak penciptaan
. Ibnu Rusyd mengakui tentang keabadian dunia namun beliau juga membedakan
antara keabadian dengan sebab dan keabadian tanpa sebab. Menurutnya dunia abadi
karena adanya sebab yaitu Tuhan yang membuatnya abadi sedangkan Tuhan merupakan
keabadian tanpa sebab. Keabadiaan Tuhan tidak bergantung kepada waktu , karena
keabadian Tuhan tidak dapat dihitung dengan skala waktu. Lebih dulunya Tuhan
atas dunia dalam keberadaanNya merupakan sebab dari semua keabadian.
Bagi Ibnu Rusyd tudak ada penciptaan yang berawal dari kenihilan atau para
filsuf menyebutnya creatio ex nihilo tetapi proses penciptaan adala perubahan
perubahan kreatif dalam kurun waktu tertentu. Menurutnya kekuatan kreatif
secara kontinyu mengerakkan dan menjaga dunia. Penjelasan ini lebih mudah
dipahami apabila dikaitkan dengan teori evolusi.
Sebenarnya masih banyak penjelasan mengenai pemikiran pemikiran Ibnu Rusyd
yang bisa dibaca dari beberapa buku atau sumber lain. Baik mengenai pemikiran beberapa
dalil nya untuk memahami atau membuktikan adanya Tuhan,atau penjelasan tentang
kitab fikih beliau yang berjudul “Bidayat al Mujtahid wa Nihayat Al Muqtashid”.
Masih sangat banyak penjelasan yang belum diuraikan dalam bahasan kali ini.
Bagi penulis Ibnu Rusyid adalah seorang Filsuf yang berhasil menguatkan
ajarannya di setiap lini yang juga memiliki kemampuan Intelektual serta
pemahaman yang tinggi. Tak salah apabila ada beberapa orang yang menyebutnya
sebagai The king Philosoper. Selebihnya
penulis meminta maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan ini. Kritik yang
membangun yang kami harapkan dari pembaca.
Sumber: www.averroes.or.id
www.syafie-blogspot.com
Comments
Post a Comment