Skip to main content

Sebuah Pengalaman

Taukah kalian bahwa untuk menciptakan sebuah lukisan yang sempurna, enak dilihat dan sesuai harapan kalian. Maka yang harus kalian miliki adalah puluhan ataupun ratusan alat dan bahan. Kalian membutuhkan banyak sekali jenis warna yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan, kuas dengan berbagai ukuran untuk membuat detil-detil yang meyakinkan, canvas yang masih putih untuk menuangkan berjuta ide kalian dan sedikit passion untuk melukis. Begitupun hidup.


Tabula rasa. Sebuah teori mengenai bagaimana manusia berkembang sebagai seorang individu. Seorang psikolog bernama john locke mengatakan bahwa manusia lahir ke bumi tanpa membawa pengalaman mental apapun. Mereka selayaknya kertas kosong. Sejalan dengan pendapat dikalangan umat muslim bahwa bayi lahir dengan fitrahnya yang suci. Pengalaman lingkungan serta didikan orang tua lah yang membentuknya menjadi seorang individu. Dan itulah jawaban mengapa manusia begitu beragam.


Kembali ke lukisan. Analogi lukisan tersebut serupa dengan kehidupan adalah seperti ini. Semakin banyak warna, alat melukis yang kalian miliki maka probabilitas untuk membuat lukisan lebih menarik seperti yang kalian kehendaki akan lebih banyak. Sama seperti hidup, semakin banyak knowledge yang kalian pelajari sama halnya dengan memperbanyak alat melukis kalian. Semakin banyak pengalaman, baik yang anda ciptakan ataupun tanpa sengaja menghiasi kehidupan kalian maka memberikan pengaruh yang besar tentang bagaimana gambaran kehidupan anda secara personal.


Masalahnya adalah mana yang lebih banyak mempengaruhi anda? Pengalaman yang anda sengaja lakukan atau dengan kata lain anda ingin miliki, sebut saja membaca buku, ikut training atau bergabung dengan sebuah komunitas atau pengalaman aksidental yang tidak sengaja atau tidak pernah anda rencanakan dalam hidup dan itu terjadi begitu saja.


Ingat, berencana untuk menjadi baik adalah pengalaman yang direncanakan. Langkah kalian akan sejalan dengan apa yang kalian kehendaki atau inginkan. Atau dengan kata lain, lukisan yang kalian kehendaki bisa menjadi kenyataan jika alat dan bahan anda memenuhi syarat untuk menciptakan lukisan tersebut. Sampai sini paham?


Apakah pengalaman yang tidak direncanakan adalah sesuatu yang salah atau buruk? Belum tentu. Itu bergantung pada seberapa kreatif si pelukis. Itulah alasan Tuhan menyertakan akal dan hati dalam satu paket pembelian manusia. Thats why we are special!




Comments

Popular posts from this blog

Berbuat Baik, Sebaik Mungkin

Opini kali ini, judulnya tentang berbuat baik; sebaik mungkin. Tadi malem, saya ngaji di salah satu majlis. Kata ustadznya, ada maqalah yang bilang kek gini. " Kalau kamu muliakan orang alim, sejatinya kamu sedang memuliakan dirimu sendiri".  Kemarin, saya juga ngelakuin suatu hal yang udah maksimal tapi cuma dapet apresiasi minimal dari atasan. Seringkali dalam kehidupan hal tersebut terjadi. Kita ngebelain ngelembur, kerjain mati-matian, serius melakukan yang terbaik, tapi dapet apresiasi yang minim dari orang lain. Manusiawi sih. Sangatlah wajar kalau kita udah ngelakuin suatu pekerjaan dengan maksimal dan kita juga ngarep apresiasi yang setimpal dari orang lain. Ngarep itu kan udah jadi rutinitas keseharian buat kita, kenapa? Karna kita niatnya dari awal keliru.  Saya kadang ngrengeng-ngrengeng atau membayangkan beberapa hal yang saya lakukan dulu. Dulu waktu kerja di pabrik, saya sebagai anak yang baru lulus, shock betul waktu itu. Dapet kerjaan yang modalnya

Ustadz Hanan Attaki "Walisongo Zaman Now"

Oleh : Arsa Pagi ini saya sedikit terinspirasi dan termotivasi oleh beberapa video yang digarap oleh Ustadz Hanan Attaki dengan gerakan "shift" bentukannya. Secara pribadi jujur saya menyukai apa yang dilakukan oleh Ustad dan kolegannya. Bak seorang juru taktik sepakbola, beliau sangat visioner dan paham cara merebut atau mengajak hati kawula muda untuk berhijrah. Kemasan dakwah dengan tema-tema sosial kekinian serta memanfaatkan banyak teknologi zaman sekarang membuat kajian yang dipimpinya beda dengan yang lainnya. *Ustadz Hanan Attaki Ustad Hanan Attaki ini seperti penjelmaan dari walisongo jaman dulu . Dahulu Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang memanfaatkan media gamelan dan wayang untuk berdakwah, mengajak serta membumi islamkan nusantara. Dakwah yang terbukti moncer ini berhasil membuat nama mereka dikenang hingga sekarang dan bahkan makam-makamnya masih saja memberikan keberkahan kepada warga sekitar karena sering dikunjungi oleh penziarah dari luar daerah.