Skip to main content

belajar bahasa onta...

al kalamu huwallafdu murokabbu..... ada yang pernah ngafal begininan. Yah ini awal dari kitab           " sakti " buat belajar ilmu nahwu, lagi gencar gencarnya menumbuhkan semangat buat ngafal kitab ini ( maklum pemalas ) belajar dari kitab ini saya baru paham sedikit.. walaupun sedikit tetep boleh dibagi bagi'in kan.

assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh..sidang jumat sekalian, mari kita baca tulisan ( ketikan ) ini dengan seksama dan dlm tempo yg se " pas - pas nya"

okeh..kita bahas apa itu nahwu..tapi sebelum bahas tentang nahwu kita bahas tentang bahasaaaaaaa Ontaaa( eit's) maaf bahasa arab... tau ngga temen temen bhs arab adalah bahasa dengan tata letak, tata cara , tata batin , makna , seni , keindahaan nomor Wahid didunia ini ( fakta ) yg kedua bahasa tanah airnnya si jeki cen ( jackie chen kali...). mungkin itu jawaban mengapa Al Quran pake bhs arab ini ya.. "bismillah" saja kalau antum ( agak arab arab dikit lah )  kaji menurut kaidah nahwu ( bahan dasar )..kajiannya bisa membuat antum terkagum kagum lho..haha ( woiii kpn bahas nahwu nya!!!!)

okok..kita bahas nahwu sekarang.. nahwu itu seperti saya bilang tadi ,kita ibaratkan bahan dasar dari sebuah bhs arab...apa yg dipelajari dalam ilmu nahwu adalah menentukan harokat akhir dari suatu kata ( catet bray...) walaupun definisi yg sesungguhnya bukan itu ( nah...gimana sih) . yg jelas kagak penting bahas definisinnya disini yg penting ilmunnya ( ehemm benerin peci)..

sekarang kita mulai belajar yaaa.... dalam bhs arab kalam adalah kalimat , kalimat adalah kata...         ( maksudnnya??) begini yaa..yg dimaksud "kalam" dlm bahasa arab adalah sama artinnya dengan ketika kalian menyebut "kalimat" dlm bhs Indon , nah kalau " kata " sama'in aja sama konteks tadi.

nah sekarang kalam terbagi menjadi 3 kategori...isim , fi'il , huruf ...now  we talk about isim..isim is a verb atau kata benda , nah kalau fi'il adalah kata kerja, sedangkan huruf adalah sesuatu yg bisa memiliki makna if there is ada isim atau fi'il...ke 3 nya ada ciri cirinnya

oke.. buat ciri cirinya isim, jenis fi'il, apa saja huruf itu,,dsb kita bahas nanti yak...kalau keburu buru..silahkan baca kitab" jurumiyah" sendiri sendiri yaa.. beli aja di toko yg jual "yellow book"


Comments

Popular posts from this blog

Berbuat Baik, Sebaik Mungkin

Opini kali ini, judulnya tentang berbuat baik; sebaik mungkin. Tadi malem, saya ngaji di salah satu majlis. Kata ustadznya, ada maqalah yang bilang kek gini. " Kalau kamu muliakan orang alim, sejatinya kamu sedang memuliakan dirimu sendiri".  Kemarin, saya juga ngelakuin suatu hal yang udah maksimal tapi cuma dapet apresiasi minimal dari atasan. Seringkali dalam kehidupan hal tersebut terjadi. Kita ngebelain ngelembur, kerjain mati-matian, serius melakukan yang terbaik, tapi dapet apresiasi yang minim dari orang lain. Manusiawi sih. Sangatlah wajar kalau kita udah ngelakuin suatu pekerjaan dengan maksimal dan kita juga ngarep apresiasi yang setimpal dari orang lain. Ngarep itu kan udah jadi rutinitas keseharian buat kita, kenapa? Karna kita niatnya dari awal keliru.  Saya kadang ngrengeng-ngrengeng atau membayangkan beberapa hal yang saya lakukan dulu. Dulu waktu kerja di pabrik, saya sebagai anak yang baru lulus, shock betul waktu itu. Dapet kerjaan yang modalnya

Ustadz Hanan Attaki "Walisongo Zaman Now"

Oleh : Arsa Pagi ini saya sedikit terinspirasi dan termotivasi oleh beberapa video yang digarap oleh Ustadz Hanan Attaki dengan gerakan "shift" bentukannya. Secara pribadi jujur saya menyukai apa yang dilakukan oleh Ustad dan kolegannya. Bak seorang juru taktik sepakbola, beliau sangat visioner dan paham cara merebut atau mengajak hati kawula muda untuk berhijrah. Kemasan dakwah dengan tema-tema sosial kekinian serta memanfaatkan banyak teknologi zaman sekarang membuat kajian yang dipimpinya beda dengan yang lainnya. *Ustadz Hanan Attaki Ustad Hanan Attaki ini seperti penjelmaan dari walisongo jaman dulu . Dahulu Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang memanfaatkan media gamelan dan wayang untuk berdakwah, mengajak serta membumi islamkan nusantara. Dakwah yang terbukti moncer ini berhasil membuat nama mereka dikenang hingga sekarang dan bahkan makam-makamnya masih saja memberikan keberkahan kepada warga sekitar karena sering dikunjungi oleh penziarah dari luar daerah. 

Sebuah Pengalaman

Taukah kalian bahwa untuk menciptakan sebuah lukisan yang sempurna, enak dilihat dan sesuai harapan kalian. Maka yang harus kalian miliki adalah puluhan ataupun ratusan alat dan bahan. Kalian membutuhkan banyak sekali jenis warna yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan, kuas dengan berbagai ukuran untuk membuat detil-detil yang meyakinkan, canvas yang masih putih untuk menuangkan berjuta ide kalian dan sedikit passion untuk melukis. Begitupun hidup. Tabula rasa. Sebuah teori mengenai bagaimana manusia berkembang sebagai seorang individu. Seorang psikolog bernama john locke mengatakan bahwa manusia lahir ke bumi tanpa membawa pengalaman mental apapun. Mereka selayaknya kertas kosong. Sejalan dengan pendapat dikalangan umat muslim bahwa bayi lahir dengan fitrahnya yang suci. Pengalaman lingkungan serta didikan orang tua lah yang membentuknya menjadi seorang individu. Dan itulah jawaban mengapa manusia begitu beragam. Kembali ke lukisan. Analogi lukisan tersebut serupa dengan kehidupa