Skip to main content

Tanda tanda Allah

Terkadang hidup ini tak sesuai dengan yang kita harapkan, lebih banyak ujian yang kita dapati ketimbang kenikmatan. Ujian yang mengharuskan kita untuk menangis, mengeluh , tertinggal di belakang, atau mungkin malah ada yang sampai harus berpisah dari orang tersayang. Semakin sering diuji semakin sering pula kita terlatih , ya terlatih untuk lolos dari ujian tersebut.  Test making people to be the best , sikapi dengan tenang segala ujian ataupun kenikmatan tersebut. Saat diuji tetap tenang... Dan saat diberi nikmat juga tenang.

Kenikmatan ataupun Ujian adalah salah satu dari banyak cara dari Allah untuk memberi kita sesuatu yang kita butuhkan, tapi kita harus jeli memikirkan cara atau " tanda" dari Allah yang satu ini, I'll give you one example story , dulu ada seorang lulusan terbaik dari sebuah Madrasah Aliyah jatuh terbelenggu hutang yang cukup banyak, yang mengakibatkan dirinnya menikmati dekapan jeruji besi selama 2 bulan. Ketika dia keluar dari penjara tersebut, he has nothing , dia tak punya apa apa bahkan keluarga pun dia tak punya. Lalu apa yang dia lakukan ? Dia pergi, berjuang dengan segala yang dia punya, dia berjualan es di sebuah terminal di tangerang. Saat masa masa itu dia sering berdoa kepada Allah agar dia diberi jalan yang terbaik, suatu saat dia bersedekah dari es yang dijualnya tersebut , yah 1 sampai 2 es dia sedekahkan alhasil sehari dua hari dia mendapat ganti dari Allah , merasa mendapatkan janji Allah , dia pegang erat tanda Allah yang satu ini dia rajin berderma fiisabilillah . dia kejar tanda Allah yang satu ini dan alhasil dia sukses, dunia datang padannya. Beliau adalah Yusuf Mansur ( maaf tadz kalau ceritanya ada yg salah ) . bukan masalah siapa dia tapi kita belajar ketika kita mampu memahami tanda Allah , kita akan mendapat apa saja yang dijanjikanNya.

Memang bukan perkara mudah memahami tanda tanda dari Allah yang satu ini, tapi pasti bisa dengan cara menyengaja mengolah diri , mulai dari bertafakur, berdoa, dsb. Niscaya kita dapat memahami tanda tanda Allah yang membuat kita bersyukur , menangis tanpa alasan , menjadi lebih bijak dalam setiap masalah, menjadi teladan, dan menjadi yang dia harapkan. Satu keunikan dari tanda tanda Allah adalah "  hanya kita sendiri yang tau mana dari sekian banyak hal dari yang kita lihat, rasa atau yang lainnya yang merupakan tanda dari Allah , tiap orang berbeda dalam menafsirkan hal ini karena disitulah letak keindahan dari memikirkan tanda dariNya ". Percaya lah ketika kita paham Tanda tanda tersebut, kita akan banyak tersenyum sendiri karena rasa syukur kita pada Allah.

Comments

Popular posts from this blog

Berbuat Baik, Sebaik Mungkin

Opini kali ini, judulnya tentang berbuat baik; sebaik mungkin. Tadi malem, saya ngaji di salah satu majlis. Kata ustadznya, ada maqalah yang bilang kek gini. " Kalau kamu muliakan orang alim, sejatinya kamu sedang memuliakan dirimu sendiri".  Kemarin, saya juga ngelakuin suatu hal yang udah maksimal tapi cuma dapet apresiasi minimal dari atasan. Seringkali dalam kehidupan hal tersebut terjadi. Kita ngebelain ngelembur, kerjain mati-matian, serius melakukan yang terbaik, tapi dapet apresiasi yang minim dari orang lain. Manusiawi sih. Sangatlah wajar kalau kita udah ngelakuin suatu pekerjaan dengan maksimal dan kita juga ngarep apresiasi yang setimpal dari orang lain. Ngarep itu kan udah jadi rutinitas keseharian buat kita, kenapa? Karna kita niatnya dari awal keliru.  Saya kadang ngrengeng-ngrengeng atau membayangkan beberapa hal yang saya lakukan dulu. Dulu waktu kerja di pabrik, saya sebagai anak yang baru lulus, shock betul waktu itu. Dapet kerjaan yang modalnya

Ustadz Hanan Attaki "Walisongo Zaman Now"

Oleh : Arsa Pagi ini saya sedikit terinspirasi dan termotivasi oleh beberapa video yang digarap oleh Ustadz Hanan Attaki dengan gerakan "shift" bentukannya. Secara pribadi jujur saya menyukai apa yang dilakukan oleh Ustad dan kolegannya. Bak seorang juru taktik sepakbola, beliau sangat visioner dan paham cara merebut atau mengajak hati kawula muda untuk berhijrah. Kemasan dakwah dengan tema-tema sosial kekinian serta memanfaatkan banyak teknologi zaman sekarang membuat kajian yang dipimpinya beda dengan yang lainnya. *Ustadz Hanan Attaki Ustad Hanan Attaki ini seperti penjelmaan dari walisongo jaman dulu . Dahulu Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang memanfaatkan media gamelan dan wayang untuk berdakwah, mengajak serta membumi islamkan nusantara. Dakwah yang terbukti moncer ini berhasil membuat nama mereka dikenang hingga sekarang dan bahkan makam-makamnya masih saja memberikan keberkahan kepada warga sekitar karena sering dikunjungi oleh penziarah dari luar daerah. 

Sebuah Pengalaman

Taukah kalian bahwa untuk menciptakan sebuah lukisan yang sempurna, enak dilihat dan sesuai harapan kalian. Maka yang harus kalian miliki adalah puluhan ataupun ratusan alat dan bahan. Kalian membutuhkan banyak sekali jenis warna yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan, kuas dengan berbagai ukuran untuk membuat detil-detil yang meyakinkan, canvas yang masih putih untuk menuangkan berjuta ide kalian dan sedikit passion untuk melukis. Begitupun hidup. Tabula rasa. Sebuah teori mengenai bagaimana manusia berkembang sebagai seorang individu. Seorang psikolog bernama john locke mengatakan bahwa manusia lahir ke bumi tanpa membawa pengalaman mental apapun. Mereka selayaknya kertas kosong. Sejalan dengan pendapat dikalangan umat muslim bahwa bayi lahir dengan fitrahnya yang suci. Pengalaman lingkungan serta didikan orang tua lah yang membentuknya menjadi seorang individu. Dan itulah jawaban mengapa manusia begitu beragam. Kembali ke lukisan. Analogi lukisan tersebut serupa dengan kehidupa